PANDUAN
TEKNIK PENYAJIAN MODUL
KURSUS
PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR (KMD)
I.
Pendahuluan
Proses pembelajaran yang berpusat
kepada pendidik (teacher centered),
di mana pendidik menganggap dirinya sebagai gudangnya ilmu pengetahuan (store of knowledge) sudah menjadi kamus
kuno. Baden Powell telah mengalihkan proses pembelajaran yang berpusat pada
peserta didik (ask the boys – students
centered), dengan demikian pendidik tidak bertindak dominator tetapi
sebagai fasilitator. Panduan ini dibuat
karena masih banyak penyelenggaraan kursus yang setiap topik atau setiap pokok
bahasan dilakukan dengan ceramah, sehingga peserta didik hanya berperan sebagai
pendengar, sehingga ketika kursus berakhir tidak memiliki keterampilan yang
memadai untuk membina gugusdepan.
Panduan teknis penyajian modul Kursus Pembina Pramuka
Mahir Tingkat Dasar (KMD) disusun dalam rangka standarisasi pola penyajian
modul KMD, dengan harapan dapat menjadi panduan dasar bagi Pelatih Pembina
Pramuka; adapun pengembangan selanjutnya
diserahkan kepada pelatih yang bersangkutan.
II.
Tujuan
dan Sasaran KMD
1. Tujuan
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah untuk memberi
bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui
kepramukaan dalam Satuan Pramuka yakni Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang,
Ambalan Penegak dan Racana Pandega.
2. Sasaran
Peserta setelah mengikuti Kursus
Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, mampu :
a. Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana, sasaran
dan tujuan Kepramukaan serta perkembangannya.
b. Menerapkan kepramukaan secara efektif dan
efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya.
c. Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana sasaran dan
tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka,
Kiasan Dasar Kepramukaan dan Motto Kepramukaan
serta menerapkannya dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya.
d. Mendidikkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Kode
Kehormatan Pramuka kepada Pramuka sesuai dengan golongnnya sehingga sikap dan
perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dan
Kode Kehormatan Pramuka.
e. Membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu
berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.
f. Menerapkan Sistem Among dan menerapkan Prinsip
Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan
Pramuka dalam hidup bermasyarakat sehingga dirinya menjadi panutan peserta
didik dan masyarakat.
g. Menerapkan kepemimpinan yang dijiwai
dan bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan
Pramuka.
h. Mengelola Program Kegiatan Peserta Didik
(Prodik) sesuai dengan golongannya.
i. Menerapkan ketrampilan komunikasi dan
ketrampilan bergaul secara efektif.
j. Menganalisis dan menghayati sifat dan watak
peserta didiknya.
k. Mengelola satuannya.
l. Membina dan mengembangkan sumber daya/potensi
yang dimilikinya.
m. Memahami, Menghayati dan melaksanakan AD & ART Gerakan
Pramuka.
III. Metode
Materi KMD disajikan
dengan pendekatan andragogi, berfokus pada pembelajaran diri interaktif
progresif dengan melibatkan peserta
secara langsung dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode, di antaranya
:
1. Dinamika
kelompok
2. Diskusi
kelompok
3. Curah
gagasan
4. Metta
Plan/Country Fair
5. Studi
kasus
6. Kerja kelompok
7. Demonstrasi
8. Bermain peran
9. Presentasi
10.
Bola salju (snow balling)
11. Debat
12. Fish Bowl
13. Class students have
14. Simulasi
15. Base Mathod
16. Berbagai kegiatan praktek (kesiagaan,
kepenggalangan, kepenegakan, kepandegaan, scouting skill, dan permainan).
17. Open Forum
18. Rencana Tindak
lanjut (RTL)/Action Plan
IV. Rencana Pembelajaran
Dalam menyusun
rencana pembelajaran pendekatan yang digunakan adalah andragogi, strategi
pembelajaran dilakukan dengan cara “Do-Look-Learn”, untuk itu
diperlukan petunjuk pelaksanaan
pembelajaran yang sesuai dengan materi sajian yang ada berupa persiapan
pembelajaran oleh pelatih (format terlampir) dan petunjuk pembelajaran bagi
peserta kursus (format terlampir).
Pada akhir pertemuan
sesi, pelatih mengadakan sharring
dengan tujuan mengadakan pembulatan/pencerahan berupa kesimpulan.
V.
Strategi
pembelajaran
1.
Strategi pembelajaran
dilaksanakan dengan tata urut sebagai berikut:
a.
Pelatih menciptakan suasana
belajar sesuai dengan topik sajian yang ada.
b.
Peserta memahami petunjuk
pembelajaran yang diberikan.
c.
Proses pembelajaran dilakukan
sesuai dengan petunjuk pembelajaran.
d.
Peserta memperoleh
temuan-temuan dari proses pembelajaran tersebut.
e.
Sharring
atas temuan-temuan yang ada.
f.
Pembulatan/pencerahan/kesimpulan.
2. Pembagian
waktu penyajian pada setiap Pokok
Bahasan:
a. Pengantar
dan penjelasan materi untuk pemahaman konsep (ceramah) :
20 %;
b. Kegiatan
praktek/simulasi/demonstrasi/ kerja kelompok atau mandiri : 70 %;
c. Pembulatan/pencerahan/kesimpulan : 10%;
d. Satu
jam pelajaran = 45 menit
3. Dalam
KMD kepada peserta dikenalkan praktek kegiatan Kesiagaan, Kepenggalangan,
Kepenegakan dan Kepandegaan.
4. KMD dilaksanakan di dalam ruangan 1/3 alokasi waktu dan
2/3 waktu diselenggarakan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan, atau 2,5
hari di kelas – 4,5 hari di perkemahan.
VI. Pendukung Proses Belajar
Mengajar dengan pendekatan Andragogi
1.
Sarana Prasarana:
a.
Ruang belajar yang bersih,
sehat, terang dan sepadan dengan kapasitas.
b.
Alat bantu pembelajaran
yang memadai kuantitas dan kualitas.
c.
Tersedianya alam terbuka
untuk kegiatan outdoor.
2.
Adanya bahan serahan.
3.
Suasana pendukung proses
pembelajaran: terhindar dari gangguang kegaduhan, polusi udara.
4. Alunan musik yang dapat membengkaitkan semangat belajar.
VII. Rencana Tindak Lanjut
1. Rencana
Tindak Lanjut (RTL) disusun oleh peserta pada tahapan terakhir pelaksanaan
kursus sebagai motivator pada diri mereka sendiri untuk melakukan
kegiatan tindak lanjut setelah
mengikuti pelatihan.
2. RTL
juga berfungsi sebagai pendorong peserta pelatihan untuk mengikuti program masa
pengembangan/narakarya 1 oleh kwartir, yang akan menjadi persyaratan untuk
mengikuti pelatihan berikutnya (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat
Lanjutan/KML).
VIII. Penutup
Dengan
disusunnya panduan ini diharapkan Pelatih dapat memiliki pola penyajian modul
KMD, selanjutnya kepada para pelatih dapat mengembangkannya sesuai dengan
kebutuhan.
KURIKULUM
KMD
Kurikulum
KMD disusun sebagai berikut :
a. BABAK
PENGANTAR
Modul 1
PENGANTAR
............................................................................
1.1. Upacara
Pembukaan Kursus ..........................................................
1.2. Orientasi
Kursus
...........................................................................
1.3. Dinamika
kelompok
..........................................................................
1.4.
Pengembangan Sasaran Kursus
......................................................
|
5 Jampel
1 jampel
2 jampel
1 jampel
1
jampel
|
b. BABAK
INTI
Modul 2 : KEPRAMUKAAN, PRINSIP
DASAR&METODE...........................
2.1. Penghayatan AD & ART Gerakan
Pramuka....................................
2.2. Sejarah
Kepramukaan...................................................................
2.3. Kepramukaan
.............................................................................
2.4. Pendidikan dalam Kepramukaan .................................................
2.5. Prinsip Dasar Kepramukaan ........................................................
2.6. Metode Kepramukaan ................................................................
2.7. Kode Kehoramatan Pramuka ......................................................
2. 8. Motto & Kiasan Dasar Gerakan Pramuka
......................................
2.9. Kiasan Dasar dalam Kepramukaan ...............................................
|
12 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 3 : PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)
3.1. Kesiagaan
................................................................................... ...
3.2. Kepenggalangan
......................................................................... ...
3.3. Kepenegakan
............................................................................. ...
3.4. Kepandegaan ........................................................................... ...
3.5 Program Kegiatan Peserta Didik
(PRODIK)................................... ...
3.6. Dewan Satuan Pramuka .................................................................
3.7. Forum S,G,T,D, .............................................................................
3.8. Memahami Peserta Didik dan Kebutuhannya.................................
3.9. Menciptakan Kegiatan yang Menarik, Menantang
dan Mengandung Pendidikan ..............................................................
|
13 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 4 : CARA MEMBINA.....................................................................
4.1. Membina Pramuka dengan Sistem Among......................................
4 2. Komunikasi
dan Bergaul dengan Peserta didik
...............................
4.3. Mengelola Satuan Pramuka ............................................................
4.4. Peran,
Tugas dan Tanggung jawab Pembina Pramuka ..................
4.5. Jam
Pimpinan
...................................................................................
|
7 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
3 jampel
|
Modul 5 : ORGANISASI...........................................................................
5.1. Struktur Organisasi Gerakan Pramuka ...........................................
5.2. Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka .........................................
5.3. Organisasi
dan Administrasi Gugus Depan Pramuka
.......................
5.4. Satuan
Karya Pramuka ( SAKA)......................................................
|
4 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 6 :
KEGIATAN SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN .................................
6.1. SKU/TKU,
SKK/TKK, SPG/TPG .........................................................
6.2. Upacara
sebagai Alat Pendidikan .............. .....................................
6.3. Permainan
sebagai alat pendidikan ...............................................
6.4 Pelantikan
sebagai Alat Pendidikan .......... ....................................
6.5 Api Unggun
sebagai Alat Pendidikan .............................................
|
5 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Modul 7 :
KEGIATAN DI ALAM TERBUKA (OUTDOOR
ACTIVITY)...............
7.1. Teori dan
pendirian tenda .......................... ....................................
7.2. Keterampilan Kepramukaan Siaga ....................................................
7.3. Keterampilan
Kepramukaan Penggalang .........................................
7.4. Keterampilan Kepramukaan Penegak &
Pandega .............................
7.5. Penjelajahan...................................................................................
|
34
jampel
2 jampel
8 jampel
8 jampel
8 Jampel
8 jampel
|
Modul 8 :
KEWIRAUSAHAAN
..................................................................
8.1. Pengembangan
Kewiraan ................................................................
8.2. Pengembangan
Kewirausahaan .....................................................
|
2 jampel
1 jampel
1 jampel
|
c. BABAK PELENGKAP
Modul 9 :
PELENGKAP ........................................... .....................................
9.1. Lambang
Gerakan Pramuka dan WOSM
...................... ....................
9.2. Pakaian Seragam, Tanda Pengenal, Tanda Jabatan dan Tanda Penghargaan Pramuka
..........................................................................
9.3. UU No. 24
Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan
Lagu Kebangsaan .........................................................................
9.4. Muatan
Lokal ............................................... ……………………………………
|
8 Jampel
1 Jampel
1 Jampel
1 Jampel
5 Jampel
|
d. BABAK PENUTUP
Modul
10 : PENUTUP
.......................................................................
10.1. Forum
Terbuka
............................................ .........................
10.2. Rencana
Tindak Lanjut (RTL) ........................ .........................
10.3. Evaluasi
.................................................................................
10.4. Upacara
Penutupan Kursus ......................... .........................
|
5 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
|
Jumlah
........................................................................
|
95 Jampel
|
terimakasih info blognya sudah sangat membantu pengetahuan kami tentang pelaksanaan KMD
BalasHapus